9 Penerima Honoris Causa yang Mengejutkan Publik

Posted by Unknown Rabu, 02 November 2011 0 komentar
SPACE IKLAN 1 SPACE IKLAN 1
Foto : Mike Tyson, salah satu penerima gelar Honoris Cuasa/Telegraph
INGGRIS – Perguruan tinggi biasa memberikan gelar kehormatan atau disebut honoris causa kepada orang yang dinilai berjasa atau menghasilkan jasa bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan umat manusia.
Orang yang menerima honoris causa tidak harus kuliah atau lulus dari pendidikan yang sesuai dengan gelar yang diberikan. Gelar yang diberikan pun

Salah satu pemberian gelar doktor kehormatan yang menuai kontroversi adalah Universitas Indonesia. Universitas terkemuka di Indonesia ini mengundang perdebatan karena memberikan gelar kehormatan kepada Raja Arab Saudi, Abdullah. UI memberikan gelar karena menilai Abdullah berjasa dalam bidang kemanusiaan. Hal ini menjadi kontroversi karena diketahui, TKI asal Indonesia kerap mengalami penyiksaan di negara kaya minyak tersebut.

Selain UI dan Abdullah, ada beberapa universitas dunia yang membuat kejutan karena memberikan gelar kehormatan kepada insan yang kontroversial. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (2/11/2011).

1. Courtney Love

Musisi kontroversial asal Amerika Serikat, Courtney Love menerima gelar Binaan Kehormatan dari Trinity College Philosophical Society di Dublin, Irlandia, tahun ini. Janda musisi grunge Kurt Cobain ini menghadiri upacara pemberian penghargaan dengan wajah kusut, sambil mengenakan jaket yang masih ada label harga yang menempel. Love membuat hadirin tertawa geli karena ekspresi wajah yang aneh.

Saat usia 15 tahun, Love menghabiskan waktu selama dua tahun di Irlandia. Saat itu, dia berbohong tentang usianya dan belajar selama dua semester di Trinity College. Yang unik, sebelum menjadi bintang rock, dia mengambil jurusan Teologi. Disebutkan, penerima gelar kehormatan diwajibkan melindungi masyarakat dan menggunakan nama baik mereka untuk menjamin kelangsungan hidup lebih baik.

2. Robert Mugabe

Presiden Zimbabwe ini memiliki empat gelar dari University of London. Penguasa Zimbabwe sejak 1980 ini mendapatkan gelarnya melalui program belajar jarak jauh. Dia dianugerahi gelar kehormatan pada 1984 oleh Universitas Edinburgh berkat jasanya di dunia pendidikan Afrika. Namun pada 2007, universitas ini mencabut gelar kehormatan setelah munculnya bukti Mugabe merupakan pemimpin yang brutal.

3. Kermit the Frog

Ikon serial populer Sesame Street ini dianugerahi gelar Doktor Kehormatan dalam Sastra Amfibi pada 19 Mei 1996 dari Southampton College, New York. Saat penganugerahan, Kermit the Frog memberikan pidato. Dua tahun sebelumnya, tokoh fenemoenal ini berbicara di hadapan 1.000 mahasiswa di Persatuan Masyarakat Oxford dan merupakan satu-satunya amfibi yang pernah melakukannya.

Dalam penganugerahan, Kermit menyatakan, “Tanggung jawab yang mewakili seluruh spesies bertumpu pada bahu saya”. Dia berbicara tentang pentingnya melindungi lingkungan, mendorong pelajar untuk “hidup hijau” dan memperingatkan mahasiswa perempuan agar tidak mencium katak (ini mengacu pada sebuah dongeng).

4. Slade

Band rock era 70-an asal Inggris ini menerima gelar kehormatan dari Wolverhampton University, Inggris. Pemberian gelar membuat kehebohan di antara para guru karena Slade dengan sengaja salah mengeja judul lagu mereka, Look Wot You Dun.

5. Mike Tyson

Petinju yang dropped out saat SMA ini menerima gelar kehormatan dari Central State University di Ohio, Amerika Serikat. Saat menyampaikan pidato penerimaan gelar, mantan narapidana ini menyampaikan kebingungannya. “Saya tidak yakin sesungguhnya gelar dokter apa yang saya terima, tapi melihat para suster yang cantik di sini, saya pikir akan menjadi dokter ginekologi,” katanya.

6. Orlando Bloom

Aktor berusia 33 tahun ini membawa orangtua dan istrinya saat menerima gelar kehormatan dari University of Kent, Inggris, tahun lalu. Padahal aktor tampan ini tidak lulus dari London’s Guildhall School of Music and Drama karena sibuk syuting film trilogi yang sukses di pasaran, Lord of the Rings.

7. Bill Gates

Pendiri Microsoft ini dropped out dari Harvard University saat mengambil kuliah matematika. Dia tidak lulus karena sibuk menjalankan bisnis komputer dari kamar asramanya. Namun, 23 tahun kemudian, Gates dipanggil Harvard untuk menerima gelar doktor kehormatan.

Saat pidato menerima gelar kehormatan, Gates berkata, “Ayah, saya selalu bilang saya akan kembali dan mendapatkan gelar. Saya ingin berterima kasih kepada Harvard atas gelar kehormatan yang tepat waktu. Saya akan mengubah pekerjaan saya tahun depan. Saya sangat senang karena akhirnya memiliki gelar universitas di resume.”

8. Jeremy Clarkson

Jeremy Clarkson dianugerahi gelar doktor teknik mesin dari Oxford Brookes University pada 2005. Saat penganugerahan gelar, para aktivis lingkungan hidup yang kecewa melempar wajahnya dengan kue pie custard.

Clarkson merupakan penyiar dan wartawan otomotif yang mengasuh acara televisi populer di BBC, Top Gear. Clarkson menjadi kontroversial karena kerap mengejek para pelaku gaya hidup hijau.

9. Margaret Thatcher

Pada 1985, akademisi memimpin kampanye melawan gelar kehormatan yang diberikan kepada Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher. Pasalnya, perempuan yang dijuluki Wanita Besi ini memotong dana pendidikan dan susu gratis bagi anak-anak. Saat memerintah, Thatcher menjadi perdana menteri pertama lulusan Oxford yang tidak menerima gelar doktor. Dia menerima penghargaan serupa dari universitas di Amerika Serikat dan Afrika Selatan.

Sumber : link

0 komentar:

Posting Komentar


free counters