Oleh-Oleh Favorit Jemaah Haji

Posted by Unknown Rabu, 02 November 2011 0 komentar
SPACE IKLAN 1 SPACE IKLAN 1

Liputan6.com, Mekkah: Setiap jemaah haji yang kembali ke negara asal mereka, tidak akan lupa membawa hadiah dan souvenir. Arab Saudi menawarkan berbagai koleksi hadiah yang sempurna untuk dijadikan buah tangan bagi para jamaah bagi keluarga dan teman-teman dirumah.

Jenis souvenir dan hadiah pun bervariasi, mulai dari buku, pakaian, sajadah, makanan dan masih banyak lagi. Berikut daftar hadiah yang biasa dibawa para jamaah versi Arabnews, yang dapat ditemukan di toko-toko atau departemen store Arab Saudi.

1. Souvenir bergambar Kabah dan Mesjid Nabawi, adalah salah satu hadiah yang paling populer dibeli oleh jamaah haji. Produk-produk tersebut mengingatkan jamaah akan perjalanan indah yang mereka alami selama kunjungan spiritual disana. Kisaran harga barang ini mulai dari SR10 hingga SR500, atau sekitar 23 ribu hingga 1,1 juta rupiah.

2. Kurma, madu dan makanan manis lainnya juga populer di kalangan jamaah haji. Selain menjadi makanan populer di Arab Saudi, makanan manis ini mengingatkan mereka akan rasa manis dari Mekah. Makanan manis ini memilki harga bervariasi mulai dari SR50 untuk SR500, atau sekitar 118 ribu hingga 1,1 juta rupiah.

3. Minyak Oud dan chip adalah apa yang membuat aroma Arab Saudi terkenal yang dikenal. Para jamaah bisa membeli barang-barang di Arab Oud, Ajmal dan Abdul Samad Alqurashi yang terkenal memiliki Oud berkualitas tinggi. Harga minyak ini berkisar antara SR100 untuk SR50000, atau sekitar 237 ribu hingga ratusan juta rupiah.

4. Air zamzam adalah hal pertama yang datang ke pikiran ketika mengunjungi Mekkah. Air suci ini dikenal menjadi minuman yang sangat baik yang membantu memperkuat tubuh dan pikiran. Banyak Muslim percaya bahwa air ini memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Di masa lalu, para jamaah membawa botol kosong dan mengisinya dari tempat penampungan air Zamzam di masjid suci. Sekarang, perusahaan air membuatnya jauh lebih mudah. Dengan pembotolan air zam zam tersebut dan mengenakan biaya sekitar SR 15 sampai SR25 per botol atau mulai dari 25 ribu hingga 60 ribuan.

5. Sajadah bergambar Makkah, Madinah dan kaligrafi dengan motif Islam juga menjadi hadiah yang sangat populer. Sajadah merupakan favorit para jamaah, untuk memberikan mereka kesempatan untuk menghiasi rumah mereka dengan barang-barang rohani. Harga berkisar dari SR10 (23 ribu) untuk SR100 (230 ribuan) tergantung pada jenis bahan dan desain.

6. Tasbih dikenal menjadi pilihan menarik bagi para peziarah. Mereka menggunakan manik-manik itu untuk berdoa. Sementara sebagian orang menggap tasbih menunjukan prestige. Terlihat dari pilihan manik-manik tergantung pada kekayaan jamaah. Seperti tasbih buatan Cina atau manik-manik yang terbuat dari batu permata yang mahal. Benda-benda tersebut memiliki kisaran harga dari SR25 untuk SR500 selusin.60 ribuan1,1 juta rupiah.

7. Miswak, atau sikat gigi arab, adalah pilihan sehat namun tradisional bagi kaum Muslim. Untuk mengikuti Nabi Muhammad (saw), dalam membersihkan gigi. Miswak dapat ditemukan di seluruh Mekkah yang khusus dibuat dan dijual oleh pedagang asongan. Mereka mengukir, memotong dan menjualnya dalam jumlah lusinan. Dengan kisaran harga SR10 (23 ribu) per lusin.

8. Pasar emas adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi selama periode haji. Baik untuk dimilik sendiri, untuk oleh-oleh atau untuk dijual kembali. Harga tertinggi SR6, 000 (14 jutaan) per ons.

9. Wanita Saudi terkenal dengan jilbab mereka dan pakaian abaya. Kedua jenis barang ini juga banyak dijadikan pilihan untuk anggota keluarga perempuan mereka. Ada banyak toko di Makkah dan Jeddah yang menjual abaya dengan warna yang berbeda, desain dan ukuran yang sesuai dengan semua gaya. Harga mulai dari SR200 ( 475 ribuan).

Sumber : link

0 komentar:

Posting Komentar


free counters