Yamaha Scorpio, Tunggangan Tentara Separuh Nyawa R6

Posted by Unknown Senin, 29 Agustus 2011 0 komentar
SPACE IKLAN 1 SPACE IKLAN 1
Modifikasi Yamaha Scorpio, 2007 (Bekasi)

Desain bodi Yamaha R6 punya daya tarik yang mampu merengut hati Faiq. Sampai akhirnya dia merelakan Yamaha Scorpio untuk ganti baju ala supersports 600 cc andalan pabrikan garputala itu.

“Lekukan bodi R6 terlihat slim apa lagi pada tangki dan buntut belakangnya. Makanya bodi yang saya aplikasi di Scorpio tanpa fairing,” jelas Faiq yang bertugas sebagai anggota TNI Angkatan Darat tinggal di Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi.

Yup, meskipun pakai bodi dan buntut Yamaha R6 namun Faiq ogah mengaplikasi fairing. “Tanpa fairing desain bodi Yamaha R6 sudah keren tinggal direspon dengan aplikasi bodi tengah dan cover mesin yang minimalis,” jelas Budi Dave pemilik bengkel modifikasi Dave Motor Concept (DMC) yang menangani pengerjaan. 

Ciri DMC masih setia bermain ubahan bodi mengandalkan pelat galvanis 0,8 mm. “Saya sisipkan deltabox pada bagian tengah rangka Scorpio biar roh streetfighter makin kentara,” lanjut builder yang langganan turun di ajang contezt ini.

Desain deltabox ini mengikuti kontur bodi di bawah tangki yang memang khas Yamaha R6. Bagian ini dibuat dari pelat yang langsung ditempel pada komstir dan rangka bawah Yamaha Scorpio. “Sengaja dibentuk lebih mundur biar dudukan footstep lebih ke belakang,” ucap Wanto modifikator yang merancang besutan ini.

Sedang desain bodi bagian tengah yang minimalis dibuat seolah menjadi cover radiator. Inilah yang mengisi bagian depan motor jadi terlihat makin berisi meski tanpa fairing. “Biar kelihatan seperti asli dipasang radiator sungguhan meski tidak fungsi,” urai Wanto.

Makin sip, areal seputar mesin juga dipasang desain cover yang manis. “Biar enggak kelihatan terlalu padat modelnya,  dibuat berongga layaknya airscop sekaligus sebagai hawa mesin,” tegas builder muda berbakat yang piawai menekuk lembaran pelat ini.

Untuk kaki-kaki, sok depan masih mengandalkan Scorpio, lebih dipadukan desain sepatbor depan ala moge. “Ke depan kalau ada dana, akan ganti model upside down biar makin sip,” aku Faiq yang berkantor di Cilangkap, Jakarta Timur.

Namun untuk lengan ayun belakang Faiq mengaku cukup puas. Meski masih mengandalkan arm standar tapi tampilan sudah dilapis kondom. “Modelnya dibuat semirip mungkin detail arm Yamaha R6,” bilang Wanto yang asli Tegal.

Paling pas desain head lamp, sudah mengandalkan lampu depan copotan dari variasi moge. Biar tampilannya makin manis, cover lampu dibuat hampir menutupi seluruh reflektor. “Modelnya cover head lamp ditambah windshield bagian atas, sedang lampu belakang dipilih model LED,” tutup builder ramping ini. (motorplus-online.com) 

 DATA MODIFIKASI
Ban depan  : Swallow 120/60-17
Ban belakang  : Swallow 140/70-17
Knalpot    : Suzuki GSX 400
Pelek : Variasi 
DMC Sawangan : (021) 68447990 

0 komentar:

Posting Komentar


free counters