LUKA BERDARAH

Posted by Unknown Sabtu, 15 Desember 2007 0 komentar
SPACE IKLAN 1 SPACE IKLAN 1

Pertolongan Pertama


Ambil sehelai kain bersih dan tekanlah pada luka selama 10 menit, jika pendarahan tidak berhenti setelah 10 menit setelah menekan dengan tangan, tambahkan kain yang lebih tebal dan tekan lebih kuat pada luka. Balut rapat-rapat tetapi jangan terlalu ketat, periksa kalau-kalau ada kebas ( kesemutan ) dan diskolorasi ( perubahan warna) pada jari kaki atau jari tangan, itu menandakan balutannya terlalu ketat, longgarkan tetapi jangan sampai lepas. Biarkan pasien berbaring dan bawa segera kerumah sakit atau klinik terdekat jika lukannya besar dan perlu dijahit.


Pengobatan menggunakan tanaman obat


  1. Daun Pisang Muda ( Musa Paradisiaca L. )

Tumbuk daun pisang yang masih muda hingga lembek dan berair, teteskan air tersebut keatas luka, balut rapat tetapi jangan sampai terjadi kebas atau diskolorasi, jika pendarahan tidak berhenti setelah 10 menit, bawa pasien ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang layak.


  1. Daun Mayana ( Coleus blumei Benth. )

Pilih daun yang masih muda kemudian cuci hingga bersih, hancurkan dan ambil sarinya. Teteskan airnya pada luka lalu taruh daun yang telah hancur itu ke atas luka sebagai demah, balut rapat tetapi jangan terlalu rapat agar peredaran darah tidak terganggu.

0 komentar:

Posting Komentar


free counters